Minggu, 20 Agustus 2017

Perlu diperhatikan saat membuat kopi tubruk agar Nikmat Ini Kata seorang ahli kopi


Cara meracik kopi - Menghasilkan minuman kopi yang enak nikmat ini ada rahasianya, dan ini diketahui oleh para ahli kopi, secara umum membuat kopi ini sangat mudah, dari kopi, air, seduh, adukan sudah menjadi kopi yang siap minum, tapi bagi sebagian orang dengan cara yang sama tetapi bisa menghasilkan rasa kopi yang berbeda, sebagai contoh adukan yang salah juga mempengaruhi citra rasa kopi, kemudian panas air juga mempengaruhi rasa kopi.

 Dikutip dari food.detik.com Menurut Adi Taroepratjeka, seorang ahli kopi, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat kopi tubruk.

1. Kopi
"Salah satu langkah kuncinya adalah menggiling kopi sesaat sebelum diseduh," jelas pria yang punya acara khusus tentang kopi di salah satu stasiun televisi ini. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kesegaran kopi adalah hal yang utama dalam membuat kopi. “Kalau mungkin, pilihlah kopi yang belum terlalu lama disangrai. Karena semua detail kopi yang kita nikmati itu bentukannya lemak dan minyak esensial yg gampang menguap”.

2. Air
"Lalu, jeranglah air yang memiliki mineral agar minyak esensial yang ada di dalam kopi bisa terseduh secara optimum. Panas air juga akan mempengaruhi rasa," tulisnya saat dihubungi detikFood (21/1).

Lalu apakah kita harus memakai air mineral kemasan agar air tersebut benar-benar mengandung mineral yang bisa membuat kopi lebih enak? “Pada dasarnya air biasa (air keran, sumur, sungai) itu mengandung mineral. Untuk menjadi non-mineral, air butuh diproses terlebih dahulu,” tulisnya.

Dalam urusan air, Adi yang juga seorang konsultan kopi ini juga menambahkan satu tips lagi. “Kalau mau detail rasa yang dikedepankan jangan pergunakan air mendidih (tapi kalau mau mengejar pahit gunakan air mendidih). Semakin rendah temperatur air, maka acidity (keasaman) akan lebih keluar,” tambahnya.

3. Seduh
Selain air dan kopi, proses seduhan juga punya pengaruh. Ada satu saran dari Adi Taroeorpratjeka agar mendapatkan kopi tubruk yang nikmati maksimal. Setelah bubuk kopi dituang, “Seduh selama 4 menit jangan diaduk atau diberi apapun dulu,” imbuhnya.


4. Adukan
Benarkah jika ada yang bilang bahwa bagaimana kita mengaduk kopi juga mempengaruhi rasa? Misalnya saja, aduknya harus searah jarum jam dan perlahan-lahan. “Belum ada bukti ilmiah pada arah dan kecepatan adukan pada rasa. Yang ada pengaruh rasa pada frekuensi/jumlah adukan. Semakin banyak diaduk maka proses pelepasan saripati kopi semakin semakin banyak”


5. Selera
Jika banyak pihak yang menyarankan agar menikmati kopi jenis tertentu atau teknik tertentu. Menurut Adi semuanya itu kembali pada selera masing-masing orang. “Enak itu bagaimanapun juga selera. Jadi, kopi yang berasal dari daerah mana pun kalau kita cocok, ya pasti enak,” katanya beralasan.

Cicipi Kopi dari Pertanian Lereng Gunung Slamet, Kopi Gunungsari, 100% Kopi Bubuk Murni diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan untuk menciptakan rasa kopi yang lebih alami pesan sekarang klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969





Agus Supriyono

Author & Editor

Blog membahas ada apa dengan kopi dan sekaligus jualan kopi gunungsari asli Pemalang harga 25ribu order WA : 0856 4093 0969 HP Telp/sms : 0896 7299 7768

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cicipi Kopi dari Pertanian Lereng Gunung Slamet, Kopi Gunungsari, 100% Kopi Bubuk Murni diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan untuk menciptakan rasa kopi yang lebih alami pesan sekarang klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969

biz.