Jumat, 28 Juli 2017

Kenapa Ada Kopi yang Harganya Mahal


Berpikir sendiri kopi kan terbuat dari biji kopi dengan biaya produksi yang bisa dimungkinkan sama untuk satu seduh kopi secangkir, kenapa ada kopi mahal dibandingkan beli diwarung cuma 1500 dirumah masak air sedikit, sudah siap minum buat saja 2500 untuk setiap gelas cangkirnya, lalu kenapa ada kopi yang harganya mahal secangkir sampai 200 ribuan, yok kita cari jawabannya

1. Mahal Karena proses pembuatannya contoh Kopi luwak Mahal harganya sekitar 200 ribuan per cangkir karena diolah dari hewan yang bernama luwak.

Kenapa kopi luwak bisa jadi begitu mahal? Dan apa yang membuatnya istimewa? 
Pertama, proses pembuatan biji kopi ini dilakukan secara manual dengan bantuan hewan luwak, dan bukan dengan mesin. Hewan ini dikenal hanya mau makan biji kopi terbaik dan mengabaikan biji kopi dengan kualitas di bawah itu, apalagi yang buruk. Konon, bila satu nampan diberikan pada hewan luwak di kandang, hanya 10% – 30% saja yang dimakan. So, kamu bisa bayangkan betapa sulitnya mendapatkan biji kopi untuk dijadikan kopi luwak.

Nah karena hewan luwak bukan mesin, kita tidak bisa memaksa mereka untuk mengolah biji kopi. Apalagi bagi luwak, kopi hanyalah camilan atau pencuci mulut. Jadi jangan harap mereka lahap menyantapnya. Toh bila mau, mereka hanya menginginkan yang terbaik. Cara mendapatkannya juga unik. Mereka tidak dapat mencerna biji dengan tingkat kepadatan tertentu sehingga saat keluar bersama kotoran, bentuk biji kopinya masih utuh.

Alasan selanjutnya yang membuat kopi luwak istimewa tentu saja karena punya kadar asam dan kafein rendah. Persentase kadar kafeinnya sekitar 0,5%, sementara kopi biasa sekitar 2%. Kenyataan ini membuat kopi luwak aman diminum oleh penderita diabetes, maag, dan jantung. Aromanya pun sangat fenomenal karena diproses dengan enzim proteolitik.

Selain itu, kopi luwak juga dikategorikan dalam jenis kopi berkualitas. Maksudnya adalah, biji kopinya dihasilkan dengan cara fermentasi dalam perut luwak yang bercampur dengan enzim tertentu dan berlangsung selama 8 – 12 jam sehingga kandungan kafeinnya rendah karena proteinnya telah diurai. Sedangkan biji kopi berkualitas yang dihasilkan dari biji kopi biasa memerlukan waktu fermentasi sekitar 5 – 8 tahun. Waktu yang begitu cepat dari proses fermentasi inilah yang membuat kopi luwak istimewa dan mahal.


Kopi luwak menjadi mahal juga berkaitan dengan hukum ekonomi. Produk yang sedikit, kualitas yang tidak diragukan, dan juga dibuat dari biji kopi terbaik membuatnya menjadi incaran para pencinta kopi. Bagi mereka, terkadang harga tidak menjadi masalah kalau kopi yang diseruput memuaskan.

Selain itu, banyak juga orang yang penasaran. Mau-maunya mengonsumsi kopi yang dicerna oleh luwak lalu dikeluarkan bersama dengan kotoran. Eit, tunggu dulu. Yang terjadi sebenarnya adalah bahwa biji kopi ini masih dilapisi kulit terluar kopi yang tidak hancur. Dengan demikian, biji kopi tidak tercampur dengan kotoran. Dan yang pasti, sebelum diolah, biji kopi dicuci secara berulang-ulang, dikeringkan, disangrai, baru kemudian bisa dinikmati dalam secangkir kopi.

Menurut penelitian, kopi luwak yang telah disangrai mengandung bakteri yang lebih kecil dibandingkan dengan kopi biasa. So, kalau kamu sayang jantungmu dan hobi minum kopi, kopi luwak ini bisa dijadikan pilihan. Kandungan antioksidan yang tinggi juga dapat mencegah berbagai penyakit syaraf, seperti Parkinson, dan Alzheimer. Sementara enzim protelitik dari luwak sangat bermanfaat sebagai anti-radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengandung asam amino yang baik untuk kesehatan. (sumber :pegipegi.com )

2. Mahal karena kualitas dan berada ditempat tertentu.

Harga kopi diwarung biasa dengan tempat ngopi seperti cafe tentunya berbeda, di caffe ada akses internet gratis, ruangan cocok sekali buat nongkrong

Kesimpulan 

Kenapa Ada Kopi yang Harganya Mahal, jawabannya karena proses olahan bukan mesin melainkan melalui hewan, dimana hewan ini hasil produksinya tidak seperti mesin, kemudian kopi dari luwak ini punya kualitas yang berbeda hingga punya manfaat yang tidak dimiliki kopi pada umumnya, kemudian yang membuat mahal karena tempat elit dan elegan juga menjadi kelas tersendiri untuk ngopi malam.

Salam ngopi malam, semoga bermanfaat

Cicipi Kopi dari Pertanian Lereng Gunung Slamet, Kopi Gunungsari, 100% Kopi Bubuk Murni diolah secara tradisional dari biji kopi pilihan untuk menciptakan rasa kopi yang lebih alami pesan sekarang klik disini Kopi bubuk Murni Gunungsari Harga 25ribu Pemesanan Kopi Gunungsari Telp/sms : 0896 7299 7768 WA : 0856 4093 0969





Agus Supriyono

Author & Editor

Blog membahas ada apa dengan kopi dan sekaligus jualan kopi gunungsari asli Pemalang harga 25ribu order WA : 0856 4093 0969 HP Telp/sms : 0896 7299 7768

0 komentar:

Posting Komentar

 

Support Blog ini dengan berkunjung dan berbelanja online di situs https://www.lapakdigital.web.id, klik disini Informasi Produk Digital, produk rumahan, peluang usaha online

biz.